Translate

Jumat, 23 Oktober 2015

Pendekatan Layanan BK



Dalam layanan BK, yang menjadi subjek adalah orang yang dibimbing. orang yang dibimbing dibentuk oleh lingkungan, dan lingkungan dikembangkan oleh orang – orang. Banyak masalah individu/kelompok disebabkan oleh lingkungan, dan dapat pula terjadi untuk membantu mengatasi masalah individu/kelompok yang ditangani justru lingkungannya. Dalam layanan BK, pembimbing tidak saja melihat orang yang dibimbing dengan segala karakteristiknya, tetapi juga melihat lingkungan (terutama lingkungan sosial) dengan segala karakteristiknya.

Banyak pendekatan untuk melihat pelayanan BK secara menyeluruh, seperti layanan BK dilihat dari:

     1.     Subyek yang dilayani (individu-kelompok, anak-remaja-dewasa-lansia)
     2.    Tempat pelayanan (di sekolah – di luar sekolah)
     3.    Bidang layanan (pribadi-sosial-karir-belajar dll)
     4.    Kegiatan pelayanan (informasi-penempatan-konseling-orientasi-pembelajaran dsb)
     5.   Fungsi pelayanan (pemahaman-pencegahan-pengentasan-pemeliharaan-pengembangan)
     6.    Metode pelayanan (konseling-nasehat-ceramah-latihan dsb)

Jika masing – masing aspek dikaitkan dengan aspek lainnya, maka akan dijumpai berbagai ragam layanan BK, misalnya layanan BK kepada individu di sekolah, layanan bidang pribadi, kegiatan layanan informasi, dengan fungsi pemahaman dan dilakukan dengan ceramah. Demikian pula jika aspek tertentu dikaitkan pula dengan aspek lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Barok Alloh